Hallo Sobat Tentor semua kembali lagi nih sama Mintor, wahh siapa nih yang akan masuk SMA tahun ini? Sobat-sobat bingung memilih mana yang akan Sobat duduki IPS atau IPA atau mungkin Bahasa? Nah di sini Mintor akan berbagi dengan Sobat-sobat semua nih, mengenai 3 jurusan yang ada di SMA versi Tentor yah Sob. Yuk kita simak penjelasan Mintor berikut ini.

1. IPA

Siapa yang tidak tau IPA ini, salah satu jurusan terfavorit di SMA. Tak heran bila jurusan ini sering kali paling ramai diminati oleh para calon siswa dan siswi yang akan menduduki bangku sekolah menengah atas. Dengan banyaknya peluang yang di dapat memudahkan jurusan ini mendapati banyak peluang jurusan untuk memasuki jenjang yang lebih tinggi lagi seperti dunia perkuliahan. IPA sendiri mempunyai nilai lebih di mata orang tua serta adik-adik yang meminatinya. Walaupun jurusan ini banyak diminati di SMA, tidak banyak juga yang terkadang merasa salah jurusan karena tidak mengenal baik jurusan tersebut. IPA ini mengulas tentang berbagai makhluk hidup yang nyata, serta berhubungan sekali dengan dunia alam. Jurusan IPA pun memiliki teknik belajar matematika tersendiri yah Sob. Untuk pelajaran yang akan di dapatkan pun meliputi: fisika, kimia, biologi dan matematika.

2. IPS

Nahh siapa nih calon-calon sosial kemasyarakatan? Bagi Sobat-sobat yang senang dengan berbagai aktivitas sosial cocok banget nih masuk jurusan IPS. IPS sendiri mempelajari berbagai hubungan antar manusia, sosial budaya serta membahasa seputar lingkungan sosial. Walau jurusan ini tidak sebanyak jurusan IPA tetapi tidak sepi dengan peminat, banyak yang meminati jurusan ini terlebih bagi Sobat-sobat yang senang berada di aktivitas sosial. Ilmu yang terdapat dalam jurusan ini adalah ilmu kemanusiaan yang di mana kita banyak bersosialisasi dengan orang-orang sekitar atau bahkan dunia. Untuk IPS sendiri terbagi menjadi empat mata pelajaran yaitu: sosiologi, ekonomi, geografi, serta sejarah.

3. Bahasa

Ini adalah pilihan ketiga setelah IPA dan IPS yah Sob. Sering kali jurusan ini tidak dilirik oleh para calon siswa dan siswi, padahal jurusan ini pun memiliki keseruan tersendiri di mana kita mempelajari sastra, budaya dan sosial. Tidak selalu jurusan bahasa menjadi sesuatu yang membosankan, jurusan ini pun memiliki kelebihan tersendiri bagi yang sangat meminatinya. Siswa akan diarahkan belajar sastra yang mendalam, tidak semua yang memiliki keterampilan di bidang ini. Namun hanya orang-orang beruntung yang mampu berada di jurusan ini. Untuk jurusan ini pun memiliki mata pelajaran tersendiri yaitu kita menekuni bahasa Perancis dan matematika, bahasa Inggris, serta bahasa Antropologi (kebudayaan). Bahasa pun bisa menjadi bekal untuk masa depan dengan peluang kerja yang luas. jurusan ini cocok banget bagi Sobat-sobat yang kurang suka dengan adanya banyak hitung menghitung, namun walau begitu tidak terlepas dari matematika juga yah Sob.

Nah Sobat Tentor bagaimana nih penjelasan Mintor, sudah adakah pilihan yang akan Sobat-sobat ambil?

Pastikan Sobat memilih sesuai kemampuan Sobat-sobat semua yah. Apapun jurusan yang Sobat ambil menjadi bekal untuk masa depan.

Semangat Sobat Tentor semua !

Related Post

Introvert, Extrovert, Ambivert termasuk yang mana sih kalian!

Halo Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor nih ! Oh iya Sob, kayanya bahasan kali ini bakal menarik loh Sob. Pasti penasarankan apa aja yang bakalan Mintor bahas dan Mintor bagi ini pasti kalian bakal bilang “ihh ini aku banget”,...

Tiga Topik Pelajaran Bahasa Indonesia yang Sering Keluar saat Ujian Nasional (UN)

Hallo Sobat Tentor semua! Semoga selalu dalam keadaan yang sehat yah Sob. Oh iya Sob kalian semua tentunya udah pada tau kan apa itu novel, apa itu puisi, atau drama? Yup tepat sekali, semua ini sering kali muncul saat kita melaksanakan ujian n...

10 Artis K-Pop dengan Prestasi Akademik Terbaik

Bandung, 25 Oktober 2019 Halo Sobat Tentor, kali ini admin akan membahas hal menarik nih! di bawah ini ada 10 Artis Kpop dengan prestasi akademik terbaik. Sobat mau tau listnya? Lets check it out! Tablo Epik High Kalian tau, gak sobat tent...

Top