Halo Sobat Tentor kembali lagi sama Mintor !

Asik sekarang minggu pertama kalian semua pada masuk sekolah nih, pastinya pada semangat dong yah menghadapi kenyataan lagi (*hehehe). Kenyataan yang dimaksud itu adalah kenyataan kalau Sobat semua siap menghadapi perjalanan selanjutnya. Wah, wah, wah denger kata “selanjutnya” nih pasti udah pada tau dong maksud Mintor, selanjutnya itu adalah kalian mau masuk jurusan apa sih Sob buat melangkah menuju masa depan. Nah ngomongin jurusan yang kaya di judul, pasti udah tau juga dong jurusan apa dulu yang bakalan Mintor bahas.

Wih anak-anak IPA mana nih suaranya, kalian pasti masih ada yang bingungkan harus kemana selanjutnya dan harus pilih jurusan apa aja nih buat kuliah nanti. Banyak jurusan yang bisa kalian tuju Sob buat anak IPA, jadi jangan khawatir gak ada jurusan yah hehehe. Yuk kita langsung aja liat jurusan apa sih yang cocok buat anak IPA:

1. Jurusan Matematika dan IPA (MIPA)

Whats-App-Image-2020-01-08-at-18-39-54

Kehidupan kita pasti gak terlepas dari angka dan juga logika, kaya setiap hari kalian pasti pegang uang jajan dan tentunya kalian pake buat kebutuhan sehari-hari kan. Nah, itu semua gak lepas dari cara menghitung yang simpel banget Sob. Kaya jurusan ini cocok banget buat kalian yang suka berhitung dan juga memikirkan segala sesuatunya dengan logika banget deh, dan jurusan ini juga punya kok prospek kerja kedepannya, kaya misalkan jadi guru atau dosen Matematika, bagian Administrasi kantoran, Instansi Pemerintahan bagian Statistika juga bisa loh Sob. Banyak lagi bagian pekerjaan lainnya Sob jadi gak perlu ragu lagi yah.

2. Jurusan Farmasi

Whats-App-Image-2020-01-08-at-18-39-54-1

Kalau kalian sakit pasti minum obat dong yah Sob, nah racikan obat yang kita minum itu awalnya dipelajari di jurusan ini loh. Farmasi selalu dikaitkan dengan obat-obatan, karena memang jurusan ini tuh fokus dasarnya itu sama dasar bahan obat dan seluk beluk pembuatan obat Sob, mau itu obat alami atau obat yang secara kimia. Farmasi mempelajari segala bentuk obat yang nanti tuh bakalan dibuat sesuai takaran dan juga dosisnya, jadi kalian gak takut overdosis atau pun kelebihan obat karena tiap obat udah punya takaran masing-masing. Nah jurusan farmasi ini juga punya kok prospek kerja yang menjanjikan kaya di rumah sakit bagian Farmasi obat-obatan, dan juga bisa jadi Apoteker atau membangun usahanya sendiri yaitu buat apotik sendiri juga bisa Sob. Jadi buat kalian yang berminat, gak perlu lagi ada keraguan kalian buat masuk jurusan farmasi ini.

3. Jurusan Kedokteran

Whats-App-Image-2020-01-08-at-18-39-53

Jurusan yang paling banyak diminati dan favorit sepanjang tahun, kayanya gak akan ada habisnya deh yang mau banget masuk jurusan ini. Memang terkenal sulit dan juga susah buat masuk jurusan kedokteran ini Sob, selain emang jurusannya yang identik dengan anak IPA jurusan ini juga selektif banget loh dalam memilih mahasiswanya. Jadi buat kalian yang mau masuk jurusan kedokteran ini harus banyak belajar yah biar berprestasi. Nah untuk jurusan kedokteran sendiri pun punya prospek kerjaan yang udah jelas dan cukup menjanjikan di masa depan Sob, yaitu mereka udah jelas jadi dokter sesuai peminatan masing-masing penjurusannya, dan juga jurusan ini bisa banget jadi dosen kedokteran. Nah gimana yang mau jadi dokter udah ada motivasi belajarnya kan? Yuk belajar lebih giat lagi buat bisa masuk jurusan ini Sob.

4. Jurusan Teknik Mesin

Whats-App-Image-2020-01-08-at-18-39-45-1

Buat cowok-cowok anak IPA yang suka mesin mana nih suaranya!

Buat kamu yang suka dengan angka dan rumus di fisika, cocok banget deh masuk jurusan teknik mesin. Karena yang mau masuk jurusan teknik mesin tuh harus punya kemampuan kuat di pelajaran fisika dan matematika, yang pas banget sama anak jurusan IPA. Walau peminat jurusan ini banyak di dominasi sama cowok-cowok, gak sedikit juga kok cewek-cewek yang suka sama jurusan ini. So buat kalian cewek-cewek yang suka sama permesinan gak ada salahnya untuk di coba. Nah untuk prospek kerjanya sendiri nih pasti cenderung ke tempat yang merancang mobil, motor dan juga kendaraan lainnya yang berhubungan banget sama mesin. Jadi gak perlu khawatir lagi yah Sob buat kalian yang mau masuk jurusan ini banyak kok lapangan pekerjaan di seluruh dunia buat yang menguasai permesinan.

5. Jurusan Teknik Industri

Whats-App-Image-2020-01-08-at-18-39-52

Jurusan teknik industri ini merupakan salah satu turunan jurusan dari teknik mesin loh Sob! Jurusan ini membuat kalian bisa mengasah kemampuan seputar perindustrian, mulai dari mempelajari gimana caranya merancang, mengatur, dan mengaplikasikan semua faktor-faktor seperti manusia, mesin, metode, material, lingkungan dan juga analisis keuangan serta kajian manajerial menjadi suatu sistem dalam lingkup yang berhubungan dengan fungsi industri. Nah contohnya itu kaya penelitian dasar, penelitian operasional, pengembangan terhadap suatu produk baru melalui rekayasa industri. Katanya teknik industri ini salah satu jurusan yang punya prospek kerja dengan gaji yang fantastis Sob, nah untuk prospek kerjanya sendiri mereka itu bisa jadi divisi produksi, divisi engineering, divisi warehouse, divisi environment, manajemen sumber daya manusia dan masih banyak lagi Sob. Jadi tunggu apalagi yuk masuk jurusan teknik industri.

6. Jurusan Teknik Sipil

Whats-App-Image-2020-01-08-at-18-39-48

Jurusan ini sering kali disamakan sama jurusan arsitektur loh, karena dari segi pembelajarannya mereka juga sama Sob. Tapi yah Sob, banyak perbedaan kok antara teknik sipil dan arsitektur. Nah salah satunya kalo teknik sipil itu lebih ke belajar gimana caranya membangun dan menghitung suatu struktur bangunan supaya kuat dan kokoh juga ekonomis semua yang jurusan sipil itu menggunakan perhitungan yang sangat akurat untuk keberlangsungan lamanya suatu bangunan yang kokoh, kalo arsitektur itu lebih kepada gimana caranya agar suatu rumah, gedung atau jembatan terlihat menarik dan juga terlihat bagus. Jadi keduanya saling melengkapi gitu Sob. Nah kalo peluang kerjanya nih Sob, teknik sipil ini bisa kerja di bagian kontruksi, properti dan juga sebagai konsultan.

7. Jurusan Teknik Nuklir

Whats-App-Image-2020-01-08-at-18-39-51

Teknik nuklir salah satu jurusan yang gak semua orang bisa masuk loh. Karena di Indonesia sendiri itu terbilang langka Sob, dan banyaknya itu jurusan ini di luar negeri. Tapi di Indonesia sendiri sekarang juga ada kok jurusan teknik nuklir walau hanya di satu tempat, jadi kalian gak perlu jauh-jauh ke luar negeri loh, oh iya saat ini jurusan teknik nuklir itu ada di satu tempat yaitu UGM (Universitas Gajah Madha). Jurusan ini gak Cuma membahas soal persenjataan aja kok Sob, teknik nuklir ini juga membedah bagian terkecilnya dari nuklir itu sendiri loh. Mungkin dari sebagian kalian ada yang pengen tuh kerja di pertamina, dan di tempat-tempat Internasional untuk mengembangkan bakat dan cita-cita. Sama seperti jurusan lainnya kalau kalian mau masuk jurusan ini kalian harus banyak belajar di pelajaran matematika, kimia dan fisika, terutama bekal kalian lulus pun harus pandai di fisika yah Sob. Nah untuk prospek kerjanya sendiri kalian bisa kok dapet peluang kerja di bagian perusahaan pertambangan, perusahaan perminyakan, perusahaan bidang energi, dan badan pengkajian penerapan teknologi. Banyak kan Sob, yuk lebih semangat lagi supaya kalian bisa masuk jurusan ini Sob.

8. Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Whats-App-Image-2020-01-08-at-18-39-46

Suka otak-atik komputer, suka buat aplikasi-aplikasi yang unik? Jurusan ini solusinya. Kalian yang suka pengen tau banget segala hal tentang komputer serta ilmu-ilmunya gak akan salah kalau pilih jurusan ini Sob. Cocok banget buat anak IPA yang suka menggali segala sesuatu dari awal dan juga mengetahui seluk beluk logika dari komputer ini. Nah untuk prospek kerjanya sendiri juga banyak kok yang menjanjikan, salah satunya jadi Web designer, atau bagian IT juga bisa tuh Sob yang bisa memengang kendali bagian dalam perusahaan gitu deh hehehe. Asik kan Sob, jadi gak perlu lagi kalian ragu dan bingung mau masuk mana. Yuk anak IPA bisa banget masuk sini.

Nah gimana nih Sob, kalian udah tau kan mau masuk jurusan mana? Udah gak bingung lagi kan mau ngambil jurusan apa? Tinggal di ukur dari kemampuan diri kalian masing-masing yah Sob, karena semua tergantung bagaimana usaha dan niat kalian untuk kejar jurusan yang kalian inginkan. Mintor Cuma kasih sedikit referensi buat kalian yang masih bingung jurusan IPA tuh nanti bakalan kuliah kemana dan apa yang bisa di ambil. Semoga dengan artikel yang udah kalian baca ini bisa buat kalian gak bingung lagi dengan kuliah jurusan yang akan kalian ambil.

Semangat terus yang Sobat Tentor !

Mintor sayang kalian...Muah !

Related Post

3 Jurusan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Yang Mesti Kalian Ketahui

Hallo Sobat Tentor semua kembali lagi nih sama Mintor, wahh siapa nih yang akan masuk SMA tahun ini? Sobat-sobat bingung memilih mana yang akan Sobat duduki IPS atau IPA atau mungkin Bahasa? Nah di sini Mintor akan berbagi dengan Sobat-sobat semua ni...

Introvert, Extrovert, Ambivert termasuk yang mana sih kalian!

Halo Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor nih ! Oh iya Sob, kayanya bahasan kali ini bakal menarik loh Sob. Pasti penasarankan apa aja yang bakalan Mintor bahas dan Mintor bagi ini pasti kalian bakal bilang “ihh ini aku banget”,...

Yuk STOP Salah Pilih ! Intip Jurusan Kuliah Yang Cocok Buat Anak IPS

Halo Sobat Tentor kembali lagi sama Mintor ! Oh iya minggu kemarin kan Mintor udah bagi-bagi jurusan yang cocok buat anak IPA nih, nah sekarang Mintor mau kasih tau jurusan yang cocok juga buat anak IPS. Pasti udah pada nungguin kan Sob, biar sama y...

Top