Hallo Sobat Tentor, kembali lagi bersama Mintor.

Nah untuk kali ini dan kali ini Mintor mau tanya pada Sobat-sobat Tentor semuanya, seberapa senang kalian dengan pelajaran matematika? dan seberapa sulit kalian dalam memahami pelajaran matematika.

Pertanyaan ini berhubungan dengan apa yang akan Mintor bahas dan Mintor bagikan kepada Sobat-sobat semua loh. Penasaran kan, yuk mari kita simak berikut ini.

Matematika seringkali menjadi pelajaran yang membuat Sobat-sobat pusing, bingung, atau bahkan tidak menyukainya. Nah, untuk kali ini pasti Sobat-sobat tidak akan pusing-pusing lagi loh, sebab Mintor mau membagikan cara mudah untuk Sobat semua memahami matematika itu sendiri. Berikut beberapa cara efektif dan mudah memahami pelajaran matematika :

 

1.Membuat Rumus-rumus Dasar Kecil

Pelajaran matematika menjadi suatu hal yang rumit namun menyenangkan bila kita mengetahui rumus-rumus dasar pada pelajaran ini. Rumus dasar diperlukan agar kita memahami serta mengerti sejak awal pembelajaran. Buatlah rumus-rumus kecil ini di sebuah buku note yang selalu kalian bawa, lalu berilah tanda untuk kalian selalu melihat dan mencoba rumus-rumus tersebut, setelah itu aplikasikan rumus-rumus dalam kehidupaan sehari-hari.

2. Menyukai Matematika

Mencintai bukan hanya dengan kekasih, tapi dengan pelajaran pun perlu loh Sob. Dengan kita mencintai matematika ini menjadi salah satu yang efektif kita dapat memahami pelajaran matematika tersebut. Matematika bukan suatu pelajaran yang rumit bila kita bisa menyukainya dengan sepenuh hati.

3. Latihan Soal-soal

Belajar dengan latihan soal-soal yang ada, atau bisa dengan mencari soal matematika yang memudahkan kita dalam memahami serta mengerti. Dengan begitu kita pun akan dengan mudah mengerjakan setiap jenis soal yang ada pada saat ujian maupun pelajaran matematika sehari-hari.

4. Stop Kalkulator

Ini penting yah Sobat-sobat, terkadang ada saat di mana pelajaran ini membutuhkan kalkulator dan ada saatnya pelajaran ini hanya menggunakan perhitungan manual kita. Jangan selalu mengandalkan kalkulator untuk berhitung. Mulailah dengan belajar berhitung manual maka di sana akan terbiasa juga kita bisa dengan mudah dan cepat memahami pelajaran.

5. Siapkan Buku Khusus

Buku khusus ini adalah buku tulis kosong yang akan Sobat-sobat isi dengan berbagai rumus-rumus yang telah Sobat dapatkan saat sekolah atau saat bimbingan belajar (bimbel). Atau dengan hal lain Sobat-sobat mengumpulkan kembali rumus-rumus sejak awal pembelajaran dijadikan satu di buku khusus tersebut.

6. Memperhatikan Guru Saat Menerangkan

Ayo siapa yang masih suka tidak memperhtikan guru saat menerangkan pelajaran matematika?

Mulai sekarang pastikan kalian harus memperhatikan dan mencatat apa saja yang guru kalian terangkan, terkadang disitulah kita akan mengerti dan memahami bagaimana kita bisa mengerjakan soal-soal.

7. Mencari Teman Belajar dan Berbagi

Saat bersama teman kita akan lebih muddah memahami dengan saling  berbagi dan saling membantu. Maka temukanlah teman yang bisa membantu Sobat-sobat dalam memahami matematika itu seperti apa, dan berbagi dengan Sobat-sobat cara serta soal-soal yang di dapat.

Bagaimana Sobat-sobat semuanya, masih tidak suka dengan matematika setelah membaca ini?

Semoga apa yang Mintor bagi kepada Sobat-sobat bisa bermanfaat sekaligus bisa berguna bagi Sobat semua. Jangan menyerah untuk belajar, semua manusia mempunyai titik kekuatan masing-masing di mana ia bisa melakukannya dengan niat dan kesungguhan. Semangat Sobat Tentor!

Related Post

25 RANGKING PERGURUAN TINGGI INDONESIA TAHUN 2019

Halo Sob! Sobat Tentor, sudah sampai mana nih persiapan masuk universitasnya? Kali ini mintor mau bahas sedikit nih tentang klaster atau rangking perguruan tinggi atau universitas di Indonesia. Di sini sobat tentor ada yang tau gak tentang klaster at...

Yuk! Mari Ketahui Seluk-beluk Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020

Saat semua pergi meninggalkan, aku hanya diam dan termenung sambil memainkan handphoneku, lalu melihat betapa bahagianya teman-teman yang lulus masuk perguruan tinggi. Lalu aku tidak lolos dalam seleksi SNMPTN, aku pun sedih sekali padahal nilaiku ba...

Hati-hati SamaToxic People, Yuk Sadari Diri Sendiri Dulu!

Halo Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor ! Ayo yang udah liburan panjang dan bentar lagi masuk, siapa yang kangen Mintor? Duh kayanya kepedean banget deh Mintor (*hehehe). Gak apa-apa yah Sob sekali-kali Mintor mau dong di kangenin kalian!...

Top