Cyber bullying mungkin dari sebagian Sobat-sobat tahu apa itu kata Cyber bullying. Iya Cyber bullying adalah perilaku antisosial yang melakukan perihal melecehkan seseorang, dari kebanyakan  yang ada, sering sekali Cyber bullying menimpa anak-anak dan remaja. Karena kecanggihan teknologi Cyber bullying ini sering terjadi dari berbagai cara seperti, baik yang dilakukan secara online ataupun melalui telepon seluler. Lalu motivasinya pun bisa berbeda-beda loh Sob, ada yang didasarkan pada;

  • rasa iri
  • balas dendam
  • marah, dsb.

Cyber bullying pun dapat melalui media-media sosial, apapun bentuknya seperti pembulian fisik di dalam foto-foto yang kita upload, atau bahkan pembulian dari suatu kegiatan yang kita lakukan namun di mata orang terlihat banyak salahnya. Karena Cyber bullying selalu mencari celah untuk membuli orang-orang.

Cyber bullying tentunya dapat terjadi akibat kemajuan teknologi yang sudah cukup canggih serta dapat diakses oleh semua kalangan. Kemajuan teknologi tersebut semakin lama semakin memanjakan penggunanya. Namun, hal tersebut sering disalahgunakan oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya penyalahgunaan jejaring sosial media.

Pada kenyataannya Cyber bullying lebih mudah dilakukan daripada kekerasan secara langsung sebab pelaku pun tidak perlu berhadapan muka secara langsung dengan target atau pun korbannya. Mereka pun sebagai pelaku bisa dengan mudahnya mengatakan hal-hal yang buruk serta dengan mudah mengintimidasi orang-orang.

Hal itu disebabkan karena mereka berada di belakang layar tanpa harus melihat akibat yang ditimbulkan pada diri korban.

Sebenarnya banyak sekali faktor penyebab seseorang melakukan bullying, dan pada umumnya orang melakukan bullying karena mereka merasa diantaranya;

  • Tertekan
  • Terancam
  • Terhina
  • Sakit hati
  • Dendam dan sebagainya.

Orang yang melakukan bullying juga terpengaruhi dari faktor psikologi, tindakannya yaitu dengan menonjolkan rasa ego dengan menyakiti orang lain. Pelaku juga bisa jadi melakukan bullying hanya untuk hiburan. Orang-orang yang seperti itu biasanya ingin menarik perhatian dan mengharapkan reaksi dari orang-orang di sekitarnya.

Dampak yang ditimbulkan dari adanya Cyber bullying ini sangat riskan daripada Cyber bullying secara langsung. Karena sarananya lewat teknologi maka penyebarannya pun bisa sangat cepat dan tak pandang bulu.

Korban bullying bisa mengalami tekanan yang sangat besar karena mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan lewat media sosial. Walaupun perlakuan tersebut disampaikan lewat kata-kata, pada kenyataanya hal itu lebih menyakitkan karena pikiran korban mengakumulasi kata-kata tersebut menjadi sebuah kata-kata berbentuk ancaman dan penghinaan. Faktor psikologi yang rentan terhadap kata-kata yang sensitif akan menentukan cepat atau lambatnya korban menanggapi bullying yang dialaminya.

Banyak hal yang bisa kita lakukan Sob untuk menanggulangi Cyber bullying ini, salah satunya adalah mengurangi penggunaan internet positif, mengurangi berinteraksi melalui sosial media, atau mengurangi hal-hal yang bisa menimbulkan terjadinya Cyber bullying. Serta kita sebagai seseorang yang paham akan dunia teknologi bisa membantu korban Cyber bullying untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya kembali untuk tidak terpengaruh dengan segala bentuk pembulian di dunia maya.

Ayo Sobat-sobat Tentor semua mari kita jaga lisan kita serta hati kita dari rasa ingin membuli atau menjatuhkan orang lain yah Sob, karena perbuatan tersebut sama sekali tidak baik dilakukan dan harus dijauhkan dari kita-kita semua. Mari kita belajar saling menghargai satu sama lain yah.

Semangat Sobat Tentor semua !

Related Post

[Info UN 2020] Jangan Cemas! Berikut Tips Terhindar dari Rasa Cemas saat akan mengikuti Ujian UTBK

Hallo Sobat Tentor, Mintor kembali lagi nih. Kali ini Mintor mau tanya siapa sih yang suka cemas pada saat akan mengahadapi atau mengikuti ujian? Mau itu ujian UTBK, ujian sekolah atau misalkan ujian hidup. Hehe. Ujian hidup semua orang pasti memili...

Sobat Soshum mana Suaranya? Ini dia Prediksi Kisi-kisi UTBK SOSHUM 2020!

Halo Sobat Tentor! Halo pejuang UTBK! Kembali lagi bersama Mintor, ngelanjutin blog minggu kemarin nih Sob pasti pada penasarankan kenapa sih gak sekalian aja di post bareng Saintek? (*Hehehe) Tenang Sob, kan biar bertahap yah jadi ngejelasi...

Mengenal Rumus Penggunaan Kata “di” dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Sesuai PUEBI

Hallo Sobat Tentor apa kabar? Mintor doakan semua pada sehat selalu yah, biar bisa terus semangat beraktivitas Sob. Oke kali ini Mintor mau kasih rumus loh, apakah itu? Ya tepat Sob, Mintor mau kasih rumus “di” yang mungkin selama ini...

Top