Hallo Sobat Tentor, bagaimana keadaan hari ini?

Semoga selalu sehat yah Sob. Kali ini Mintor akan mengenalkan apa itu PUEBI. Nah loh apa itu PUEBI? Oke kita skip dulu sebentar mari Mintor jelaskan dulu yang akan berkaitan dengan apa yang akan Mintor kenalkan. Nah Mintor mau nanya nih sama Sobat Tentor, pada tau EYD gak nih? Apa itu EYD? dan apa sih bedanya dengan PUEBI?

EYD adalah singkatan dari Ejaan Yang Disempurnakan, kita harus tau kalau standar penulisan di Indonesia didasarkan pada EYD (ejaan yang disempurnakan), mulai dari pemakaian kata , penulisan huruf kapital, dan huruf cetak miring serta penulisan unsur kata serapan. Dalam penulisan karya ilmiah kita selalu perlu menggunakan tata bahasa yang menyempurnakan sebuah karya tulis, secara teknis EYD dimaksud dengan menyempurnakan ejaan-ejaan pemakaian tanda baca. Nah berkaitan dengan ini, seiring berjalannya waktu kata EYD telah diganti menjadi PUEBI pada tahun 2015 dan telah disahkan dan ditetapkan di dalam Peraturan Menteri dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

PUEBI sendiri adalah singkatan dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Perubahan itu sendiri terjadi karena adanya kemajuan zaman yang semakin pesat akan bahasa yang ada di Indonesia, dengan mengikuti ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Ada tiga hal yang terdapat perubahan di dalam EYD menjadi PUEBI seperti adanya penambahan huruf diftong, penggunaan huruf tebal, serta pengguanaan huruf kapital. Perubahan ini banyak meliputi berbagai hal yang harus kita ketahui, diantaranya:

 

1. Adanya Penambahan Huruf Vokal Diftong

Semula huruf diftong hanya memiliki tiga kata yaitu “ai,au,oi”  namun sekarang ditemukan menjadi empat yaitu “ai,au,oi da ei”. Penambahan terjadi karena bahasa Indonesia banyak menyerap istilah bahasa asing.

2. Adanya Penggunaan Huruf Kapital

Mengatur beberapa penulisan dengan kapital untuk unsur julukan terhadap sesuatu kata yang seharunya memakai kapital.

3. Adanya Penggunaan Huruf Tebal

Terdapat beberapa ketentuan yang diterapkan dalam penggunaan huruf tebal yaitu untuk menegaskan bagian yang telah dicetak miring dan menegaskan bagian sebuah karangan dalam daftar isi. Dulu belum diatur penggunaan huruf cetak tebal, namun sekarang setelah diperbaharui menjadi PUEBI terdapat adanya tulisan cetak tebal.

4. Penggunaan Titik Koma

Titik koma digunakan dalam perincian tanpa menggunakan kata dan.

5. Penggunaan Bilangan

Bilangan yang digunakan ialah bilangan dengan kata-kata bukan dengan angka untuk nominal kecil.

Ayo Sobat-sobat sudah pada tau kan sekarang perubahan dalam EYD yang menjadi PUEBI. Dengan begitu Sobat-sobat semua bisa mengunduh file PUEBI di laman google yah Sob, atau bisa membeli bukunya diseluruh toko buku yang terdekat dengan Sobat-sobat. Mulai sekarang kita melihat panduan PUEBI yuk! Agar lebih paham serta dapat menerapkannya dalam setiap pekerjaan seperti artikel, skripsi atau laporan-laporan yang diharuskan menggunakan penyempurnaan kata serta berbagai tulisan mengenai ejaan yang disempurnakan. Semangat terus yah Sobat Tentor!

Related Post

Hati-hati SamaToxic People, Yuk Sadari Diri Sendiri Dulu!

Halo Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor ! Ayo yang udah liburan panjang dan bentar lagi masuk, siapa yang kangen Mintor? Duh kayanya kepedean banget deh Mintor (*hehehe). Gak apa-apa yah Sob sekali-kali Mintor mau dong di kangenin kalian!...

Syarat & Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020

Tahun demi tahun telah terlewatkan, anak-anak pun semakin banyak yang menginginkan masuk kuliah yang difavoritkan, tentunya dengan hasil dari nilai-nilai mereka yang bagus, prestasi yang meningkat serta niat dan kesungguhan. Melihat banyaknya sosial...

Overthinking Tuh Apa Sih ???

Halo Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor ! Sob pernah gak sih kalian mikirin sesuatu yang belum terjadi, tapi caranya tuh berlebihan banget? Atau kalian mikirin hal-hal yang belum terjadi tapi negatif mulu. Hati-hati loh Sob, jangan-jangan kali...

Top