Halo Sobat Tentor  kembali lagi bersama Mintor!

Kalian pernah gak sih Sob, kalau di kasih tugas dari sekolah pasti selalu di tunda-tunda?

Kaya misalkan “besok aja deh ngerjain PR nya” atau ulangannya kan 2 hari lagi sekarang mah main game aja dulu dari pada belajar”. Ehemmm hati-hati yah Sob, ini adalah awal belajar yang kurang efektif loh! Meskipun tugas yang diberikan punya jangka waktu yang panjang, ujian sekolah besoknya, atau PR yang dikasih buat jauh-jauh hari, gak ada salahnya kok kalian kerjain dan kalian belajar sebelum waktunya. Karena lebih cepat lebih baik kan, buat minta kepastian gebetan aja pengen cepetan biar tau hasil diterima engaknya masa tugas di tunda-tunda *hehehe. Tugas dan belajar juga sama dong pengen di kerjain lebih cepat biar bisa efektif dan juga gak tertunda Sob.

Apalagi di masa-masa sekarang tuh belajar jadi suatu keharusan dan wajib dilakukan, mau itu belajar di rumah bersama orang tua, belajar di sekolah atau belajar di tempat bimbel. Udah jadi suatu keharusan di zaman yang semakin membutuhkan pendidikan Sob. Belajar yang efektif juga tumbuh bukan dari orang lain loh Sob, tapi dari diri kita sendiri yang ingin menerapkan belajar efektif. Nah Mintor di sini mau berbagi sama Sobat Tentor, gimana sih supaya kita tetap punya pendirian untuk belajar lebih efektif dan gak ada lagi tuh yang namanya ‘rasa malas’ buat menghadapi UNBK, UTBK, UN atau ujian-ujian lainnya. Tentunya kalian juga mau kan jadi pribadi yang lebih baik dan juga efektif dalam belajar. Yuk kita simak Sob, berikut beberapa cara belajar yang lebih efektif.

1. Jangan Sistem Kebut Semalam (SKS)

Ayo siapa di sini yang masih suka praktek SKS? Aduhh jangan lagi yah Sob, ini kan bisa merugikan kalian nantinya. Dari yang mulai kalian cari ide dadakan, kalian tiba-tiba ada urusan mendadak, atau ada sesuatu hal lain yang menghambat kalian untuk belajar dengan efektif. Mulai sekarang usahain jangan sampe kalian SKS lagi yah Sob, karena dengan kita punya perencanaan yang baik, dan tanpa SKS kita bisa jauh lebih bisa untuk belajar yang efektif. Karena nanti kan yang rugi kalian sendiri, jadi yuk usahain apapun tugas kalian, kapan pun ujiannya belajar lebih awal dan kerjakan lebih awal biar gak dapet nilai jelek dan tugas-tugas lebih cepat selesai. Semangat hindari SKS Sob!

2. Membagi Waktu

Kalo sama gebetan aja kita bisa bagi-bagi waktu, tapi kok sama belajar gak bisa?

Tentunya sama belajar juga harus bisa dong yah Sob, karena salah satu buat belajar yang efektif itu adalah dengan kalian membagi waktu buat memprioritaskan belajar. Jadi nanti kita bakalan tau nih, mana saatnya waktu untuk belajar dan mana waktu untuk kita bermain serta bersantai. Di sekolah juga ada kan Sob pembagian waktu yang baik, dimana saatnya belajar dan dimana saatnya kalian sholat juga kalian istirahat. Jadi dengan begitu waktu kalian gak akan lagi kebuang sia-sia Cuma karena gak ada waktu atau waktunya kurang dan lain-lain halnya. Yuk mulai bagi waktu kalian Sob!

3. Malu Bertanya? Jangan Lagi deh!