Kupas Tuntas HOTS (Higher Order Thinking Skills) UTBK 2020

Hallo Sobat Tentor, kali ini lagi rame banget loh yang ngomongin soal HOTS. Wah kira-kira HOTS itu apa sih?  Apa Sobat Tentor semua udah tau apa itu HOTS? Atau masih ada yang bingung apa sih perbedaan soal HOTS dan soal biasa. Biar kalian gak bingung, Mintor mau jelasin nih buat kalian apa itu HOTS dan gimana sih tips mengerjakan soal HOTS !

Belakangan ini kayanya kita sering banget deh denger kata HOTS yang lagi rame diomongin saat musim ujian kayak sekarang ini, gak heran sih Sob saat ini ujian HOTS lagi hangat banget di dunia pendidikan Indonesia, sering juga kita denger HOTS tersebut pada soal-soal ujian nasional, atau ujian masuk perguruan tinggi negeri. Bahkan UTBK sendiri tahun ini bakal pakai soal HOTS loh Sob. Jadi gak heran HOTS ini menjadi topik yang sedang hangat sekali (kayak gorengan yang baru mateng, panas - panas gurih *hehehe)

HOTS (Higher Order Thinking Skills) adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi, kritis dan logis, karena soal yang dikerjakan bukan lagi soal-soal yang biasa, tapi soal yang umumnya punya pemikiran logis dan kritis Sob, dulu soal-soal hanya sekedar punya kemampuan untuk kita ingat saja atau yang mudah di ingat, kali ini soal-soal yang dikasih perlu banget dari kita punya kemampuan untuk berpikir secara kreatif dan juga logis loh Sob, jadi gak heran deh kalau sekarang banyak banget anak-anak bangsa yang berprestasi dan juga kreativitas tinggi. Higher Order Thinking Skills awal mula berasal dari konsep Benjamin Bloom. Bloom mengkategorikan berbagai tingkat pemikiran, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Kategorisasi ini biasa juga disebut dengan Taksonomi Bloom. Taksonomi ini terdiri dari:

Whats-App-Image-2s019-11-27-at-17-49-32

  1. Menghafal (remembering) adalah memori yang digunakan untuk menghasilkan sebuah fakta untuk menyebutkan atau mengambil informasi.
  2. Memahami (understanding) adalah tentang cara membangun makna dari berbagai jenis fungsi dan tertulis.
  3. Mengaplikasikan (applying) adalah bahan yang dipelajari menggunakan model seperti diagram, simulasi dan presentasi.
  4. Menganalisis (analyzing) adalah menganalisis bagian-bagian yang berhubungan dengan suatu struktur atau secara keseluruhan.
  5. Mengevaluasi (evaluating) adalah membuat sebuah penilaian berdasarkan kriteria atau standar pengecekan dan kritik.
  6. Menciptakan (creating) adalah membentuk struktur atau pola dengan meletakkan unsur-unsur bersama membentuk seluruh fungsional.

Untuk ranah satu sampai tiga (menghafal, memahami, mengaplikasikan) yaitu dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat rendah, sedangkan dari ranah empat sampai dengan enam (menganalisis, mengevaluasi, menciptakan) yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS).

            Soal HOTS sendiri ada untuk menguji kemampuan berpikir para calon siswa-siswi serta mahasiswa dan mahasiswi dalam melakukan sebuah penalaran dan juga menganalisis suatu soal tidak hanya membeku dengan satu pola jawaban saja, tetapi kedepannya menghasilkan suatu pemikiran yang luar biasa tidak berpatok dengan menghafal serta mengingat saja yah Sob.

  • Perbedaan soal HOTS dengan soal biasa terletak pada sebuah permainan kata dan angka, di mana untuk soal HOTS sendiri lebih dengan banyaknya kata-kata sehingga bagi pembaca serta pengisi soal bisa meningkatkan suatu kreativitas untuk jawaban yang terdapat dalam soal- soal HOTS, dan Sobat-sobat pun dapat menganalisis dan mengevaluasi soal-soal dengan berbagai analisis yang menarik dan mendapatkan jawaban menarik.
  • Untuk soal Non-HOTS yaitu lebih kepada permaianan angka-angka serta peletakan angka dan juga sedikitnya kalimat, di mana kita akan menghafal angka-angka yang terdapat, lalu kita menghafal cara penyelesaiannya. Tidak terdapat analisis yang dalam seperti soal HOTS.   

Whats-App-Image-2019-11-27-at-17-49-32

 

Oh iya Sob, nih ada sedikit tips dari Mintor buat kalian yang akan mengerjakan soal-soal HOTS. Tips mengerjakan soal HOTS berikut ini :

1. Menemukan Kata Kunci

Memang sulit untuk memahami sebuah soal bila kita tidak bisa menemukan sebuah kata kunci di dalam soalnya yah Sob, alangkah lebih baiknya kita bisa menemukan kata kunci tersebut dengan kita membaca terlebih dulu semua keseluruhan soal-soal yang terdapat dalam soal HOTS.

2. Memahami Konsep Bukan Menghafal

Mungkin dari kebanyakan Sobat-sobat pasti senangnya menghafal dari pada memahami. Sebenarnya yang terpenting adalah kita harus bisa memahami konteks soal-soal yang terdapat dalam HOTS, dengan kita memahami maka kita akan bisa mengerjakan soal-soal dengan mudah. Jika kita bisa memahaminya maka Sobat-sobat akan menemukan inti dari sebuah soal.

3. Memecahkan Soal Secara Sistematis

Memecahkan soal secara sistematis menjadi solusi dari permasalahan soal HOTS yang begitu mempunyai rangkaian kasus soal yang panjang, dengan kita bisa menemukan hal-hal serta poin- poin yang ada di dalam soal lalu menjadikannya rangkaian yang bisa terbagi, maka kita akan memecahkan soal secara gampang.

4. Berlatih Banyak Soal

Berlatih banyak soal yang dimaksudkan adalah berlatih soal-soal HOTS yang sudah banyak sekarang di mana pun, bahkan di internet pun sudah banyak loh Sob, dengan kita banyak berlatih maka akan cepat pula kita memahami bagaimana seluk beluk soal yang terdapat dalam soal-soal HOTS.

5. Mengikuti TryOut Yang Menggunakan soal HOTS

Nah Sob, bila ada TryOut yang menggunakan soal-soal HOTS sebaiknya kalian ikutan deh, karena selain kalian bisa secara terperinci memahami, juga kalian bisa secara nyata merasakan soal-soal ujian HOTS.

Nah, gimana nih Sob, Sobat Tentor udah siap menghadapi soal HOTS?

Oh iya Mintor juga mau kasih tau nih kalau di Tentor lagi ngadain Try HOTS loh, dan ini tuh adalah TryOut pertama di Indonesia yang menggunakan sistem The Real Simulation UTBK loh. Buat Sobat-sobat yang masih bingung mau cari TryOut yang UTBK banget, udah mending jangan bingung lagi deh kalau yang mau ikutan bisa langsung cek Instagram kita di @tentor.id .

Dan dari sekarang juga yuk kita coba berbagai soal-soal yang ada di mana pun deh Sob, kecanggihan teknologi kan sekarang udah menyebar luas tentunya yang kita inginkan pasti ada, apapun itu mau soal atau bahkan contoh-contoh soal. Perbedaan antara soal HOTS dan soal biasa tidak jauh berbeda kok, jadi kita hanya perlu sedikit lebih belajar dan berlatih aja buat bisa mengimbangi soal-soal yang terdapat dalam soal HOTS. Dan kalian juga harus ingat bahwa kuncinya adalah kalian bisa menemukan inti dari soal, maka kalian akan menemukan jawaban dengan cepat dan juga akurat secara logis menurut jawaban soal HOTS.

Yuk, kita lebih semangat lagi mengerti dan memahami apa yang jadi kesulitan Sobat-sobat, dengan kita banyak belajar dan terus belajar. Semoga yang Mintor bagikan bisa bermanfaat buat Sobat-sobat semua yah.

Semangat Sobat Tentor !

Related Post

10 Artis K-Pop dengan Prestasi Akademik Terbaik

Halo Sobat Tentor, kali ini admin akan membahas hal menarik nih! di bawah ini ada 10 Artis Kpop dengan prestasi akademik terbaik. Sobat mau tau listnya? Lets check it out!

Mengenal Rumus Penggunaan Kata “di” dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Sesuai PUEBI

Hallo Sobat Tentor apa kabar? Mintor doakan semua pada sehat selalu yah, biar bisa terus semangat beraktivitas Sob. Oke kali ini Mintor mau kasih rumus loh, apakah itu?

Yuk! Mari Ketahui Seluk-beluk Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020

Saat semua pergi meninggalkan, aku hanya diam dan termenung sambil memainkan handphoneku, lalu melihat betapa bahagianya teman-teman yang lulus masuk perguruan tinggi.

0 Comments

Top