Yuk! Mari Ketahui Seluk-beluk Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020

Saat semua pergi meninggalkan, aku hanya diam dan termenung sambil memainkan handphoneku, lalu melihat betapa bahagianya teman-teman yang lulus masuk perguruan tinggi. Lalu aku tidak lolos dalam seleksi SNMPTN, aku pun sedih sekali padahal nilaiku bagus, aku juga merasa diriku pintar tapi kenapa aku tidak lolos. Hingga pada saat itu aku pun putus asa dan sempat tak ingin kuliah saja, mending aku bekerja. Tetapi orang tua ku tidak mengizinkan aku untuk kerja dan harus tetap berusaha kuliah di Univesitas Negeri. Salah satu temanku yang tidak lolos juga dalam seleksi SNMPTN menyarankan aku untuk ikut SBMPTN aja, itu adalah jalur ujian di sana kita akan ujian seperti biasa kita mengikuti ujian-ujian sekolah dengan pelajaran-pelajaran sekolah. Aku sempat tertarik karena orang tuaku juga ingin aku masuk perguruan tinggi negeri, sampai akhirnya aku mencari-cari info bagaimana caranya mengikuti SBMPTN, namun semua info-info yang ada tidak lengkap dan jelas. Sehingga aku mencari tahu dan aku menemukanlah kumpulan-kumpulan pendafataran SBMPTN dari berbagai sumber yang berbeda. Ribet bukan kita harus mencari dari sumber yang berbeda-beda. Nah artikel ini hadir sebagai solusi untuk kalian semua yang ingin mendaftar SBMPTN dengan informasi yang lengkap.

 

SBMPTN ini adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, yaitu di mana jalur ini menggunakan jalur tes tertulis. Ini adalah jalur bila kalian gagal dalam mengikuti SNMPTN, kalian bisa mendaftarkan diri sebagai calon peserta SBMPTN dan mengikuti segala prosedur dan ujian-ujian tertulisnya serta ujian berbasis komputer (UTBK). Sebelum kita masuk dalam pendaftaran, ada beberapa hal yang harus kalian ikuti yaitu persyaratan wajib sebelum memasuki masa pendaftaran. Berikut beberapa persyaratan :

  1. Peserta merupakan siswa SMA/MA/SMK atau lulusan sederajat yang sudah mempunyai ijazah tahun lulusan 2020.
  2. Lalu peserta memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
  3. Memiliki kesehatan yang baik, agar tidak menganggu pada saat pelaksanaan ujian.
  4. Memiliki Nomer Induk Siswa Nasional (NISN).
  5. Untuk peserta yang memilih bidang studi seni dan olah raga, maka di wajibkan mengunggah portofolio. Untuk portofolio yang di maksud dapat di lihat langsung di laman resmi SBMPTN https://sbmptn.ltmpt.ac.id/?mid=1 .
  6. Peserta dinyatakan tidak lulus SNMPTN.
  7. Lalu biaya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) ditanggung oleh peserta serta subsidi pemerintah.
  8. Terakhir mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan yang telah di tentukan oleh SBMPTN 2020.

Nah, setelah kalian memenuhi persyaratan-persyaratan yang tertera di atas. Kalian sudah bisa melanjutkan untuk mendaftarkan diri. Berikut tata cara pendaftaran SBMPTN :

  1. Pendaftaran SBMPTN 2020 dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id/
  2. Peserta mengisi biodata (terkecuali siswa yang sudah terdaftar di SNMPTN 2020)
  3. Peserta memilih PTN dan program studi. Peserta hanya dapat memilih dua PTN , dan memilih paling banyak dua program studi yang diinginkan.
  4. Bagi peserta yang mendaftar di program seni dan olah raga, wajib mengunggah portofolio. Adapun jenisnya terbagi menjadi sembilan sebagai berikut:
  • Portofolio olahraga
  • Tari
  • Teater
  • Musik
  • Seni Karawitan
  • Etnomusikologi
  • Fotografi
  • Film dan televisi
  • Serta Seni rupa
  • Design grafis
  • dan Kriya.

Setelah itu kalian akan memilih beberapa program studi yang ada di PTN, lalu terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok SAINTEK dan kelompok SOSHUM. Kalian dapat memilih studi sesuai keinginan maksimal 2 program studi dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Apabila memilih program studi kelompok SAINTEK, peserta mengikuti kelompok ujian SAINTEK.
  2. Apabila memilih program studi kelompok SOSHUM, peserta mengikuti kelompok ujian SOSHUM.
  3. Apabila peserta memilih program studi kelompok SAINTEK dan SOSHUM, maka peserta mengikuti kelompok ujian SAINTEK dan kelompok ujian SOSHUM.
  4. Urutan dalam memilih program studi adalah urutan yang menyatakan prioritas kalian.
  5. Kalian dapat memilih program studi di PTN mana pun.

Semoga informasi yang kakak berikan bisa bemanfaat untuk kalian semua yah. Semangat SBMPTN, semangat masuk kuliah favorit!

 

Related Post

Kupas Tuntas HOTS (Higher Order Thinking Skills) UTBK 2020

Hallo Sobat Tentor, kali ini lagi rame banget loh yang ngomongin soal HOTS. Wah kira-kira HOTS itu apa sih? Apa Sobat Tentor semua udah tau apa itu HOTS? Atau masih ada yang bingung apa sih perbedaan soal HOTS dan soal biasa.

Cyber Bullying di Tengah Kemajuan Teknologi Masa Kini

Cyber bullying mungkin dari sebagian Sobat-sobat tahu apa itu kata Cyber bullying. Iya Cyber bullying adalah perilaku antisosial yang melakukan perihal melecehkan seseorang, dari kebanyakan yang ada, sering sekali Cyber bullying menimpa anak-anak dan remaja.

[Info UN 2020] Jangan Cemas! Berikut Tips Terhindar dari Rasa Cemas saat akan mengikuti Ujian UTBK

Hallo Sobat Tentor, Mintor kembali lagi nih. Kali ini Mintor mau tanya siapa sih yang suka cemas pada saat akan mengahadapi atau mengikuti ujian? Mau itu ujian UTBK, ujian sekolah atau misalkan ujian hidup.

0 Comments

Top