Halo Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor nih !

Oh iya Sob, kayanya bahasan kali ini bakal menarik loh Sob.

Pasti penasarankan apa aja yang bakalan Mintor bahas dan Mintor bagi ini pasti kalian bakal bilang “ihh ini aku banget”, “ihh benar yah ini kaya aku”, atau “ya ampun fix aku banget”. Macem-macem deh kata dan ungkapan yang akan kalian omongin kurang lebih sih kaya gitu kalau kalian udah baca artikel ini Sob (*hehehe). Jadi gak heran kalau pembahasan kali ini bakal rame banget.

Bicara tentang kepribadian nih, pasti kalian udah tau dong gimana sih kepribadian kalian, atau gimana sih sifat kalian atau gimana sih aku tuh orangnya, dan lain-lainnya yang gak bisa sih Mintor sebutin di sini semua, nanti isi blognya jadi berubah (*hehehe..).

Pada dasarnya nih Sob, semua orang punya kepribadiannya masing-masing, ada orang yang punya pribadi tertutup (Introvert), ada juga orang yang punya pribadi terbuka dan ceria (Extrovert), atau bisa juga sih diantara kedua itu yang bisa dibilang orangnya kesana jadi, kesitu jadi yaitu si (Ambivert).

Whats-App-Image-2019-12-26-at-12-30-35

Semua beda-beda loh tergantung dari masing-masing orangnya aja nih, dan balik lagi sama diri sendiri aja. Mau dia introvert, extrovert, atau ambivert semua punya perbedaan masing-masing loh.

Dari pada penasaran aja nih, yuk kita liat beberapa penjelasan berikut ini:

1. Introvert

Whats-App-Image-2019-12-27-at-10-44-53

Introvert adalah kepribadian manusia yang lebih berkaitan sama dirinya sendiri dan dengan dunianya sendiri, introvert ini juga lebih cenderung menutup diri dan suka sama hal-hal yang sunyi dan jauh dari keramaian. Introvert ini juga lebih cenderung banyak berpikir dibanding dengan aktivitasnya, selain itu introvert juga lebih cenderung mengerjakan segala sesuatunya sendiri dan kadang gak butuh bantuan orang lain. Pekerjaan yang cocok bagi seorang yang introvert ini adalah mereka yang bekerja di belakang layar, kaya salah satu contoh ini Sob:

  • Penulis yang bekerja di belakang layar dan gak nunjukin jati dirinya tapi cuma nunjukin karyanya yang dihasilkan.
  • Contoh kedua kaya misalkan chef dibagian masak-memasak tentunya kerja di belakang layar yah Sob, karena tugasnya sih cuma masak buat disajikan sama orang-orang dan gak bertatapan langsung sama orang-orang

Dari contoh di atas bisa di liat yah Sob,  introvert gak terlalu suka tuh sama kerjaan yang banyak ketemu orang-orang, atau cuma sesekali berdiskusi. Orang yang punya kepribadian ini cenderung malu kalo misalkan minta tolong sama orang lain dan lebih milih ngerjain segala sesuatunya sendiri aja loh Sob. Ciri-ciri nih kalo kalian termasuk orang yang introvert diantaranya :

a. Suka sendiri dan pendiam

b. Lebih suka kerja sendirian

c. Pemikir yang berat

d. Suka berimajinasi tinggi

e. Susah bergaul/ jarang bergaul

f. Lebih suka jadi pengamat dibandingkan pembicara

g. Lebih mengungkapkan apa yang dirasakan melalui curhatan berbentuk tulis

h. Lebih suka berbicara hanya berdua (4 mata)

i. Lebih suka di rumah dari pada di luar (rumah adalah tempat terbaik bagi si introvert)

j. Lebih perasa dan sensitif terhadap omongan orang lain

 

2. Extrovert

Whats-App-Image-2019-12-27-at-10-44-52

Extrovert itu kebalikan dari introvert yah Sob, extrovert ini lebih cenderung banyak bergaul dan suka banget berada di lingkungan luar. Terlebih kepribadian extrovert ini juga suka hal-hal yang bersifat publik, bermasyarakat dan juga bersosialisasi. Extrovert lebih cenderung beraktivitas dibandingkan berpikir, karena bagi si extrovert ini cape fisik itu utama dari pada berpikir dan merenung kaya introvert. Bagi mereka yang extrovert tuh pasti bosen banget buat ada di tempat yang sepi dan gak banyak orang, mereka juga si pencair suasana dalam suatu kelompok loh, jadi gak buat suasana tuh kaku kalau ngomong. Pekerjaan yang cocok bagi si extrovert ini yaitu seperti :

  • Pemain film yang mainnya tuh depan umum, adalah kesukaan dari extrovert ini, selain tampil di depan umum, di sana juga banyak orang-orang.
  • Humas publikasi dalam sebuah kantor, cocok banget buat kalian yang punya kepribadian extrovert ini. Selain banyak bersosialisasi, juga banyak berinteraksi dengan pelanggan-pelanggan.

Dari contoh pekerjaan di atas bisa kan kalian liat, kalau kepribadian extrovert ini cenderung milih pekerjaan yang banyak ketemu orang-orang, dan banyak bersosialisasi. Orang yang berkepribadian extrovert itu cenderung pemberani dan gak mudah menyerah. Ciri-ciri nih kalau kalian tuh masuk kategori orang-orang extrovert yaitu :

a. Gampang bergaul/ bersosialisasi

b. Senang dengan segala kegiatan kemasyarakatan

c. Lebih aktif berkegiatan

d. Senang beraktifitas fisik

e. Percaya diri

f. Senang berdebat dan berpendapat

g. Pencair suasana

h. Senang berkelompok atau tim

i. Selalu antusias dan sigap dalam acara sosial

 

3. Ambivert

Whats-App-Image-2019-12-27-at-10-44-52-1

Ambivert adalah kepribadian menengah, dalam arti kepribadian ini sih punya kedua-duanya mau itu introvert atau extrovert. Kepribadian ini bisa berubah-ubah sesuai keadaan yang memugkinkan, dan si ambivert ini bersikap menyesuaikan keadaan gitu yah Sob. Ambivert ini mendominasi kekurangan dari introvert dan extrovert. Selain itu ambivert pun cocok di segala bidang pekerjaan, karena bisa menyesuaikan dengan keadaan yang ada. Ciri- ciri kalian yang memiliki kepribadian ambivert sebagai berikut :

a. Mudah banget gabung dalam ramai atau bisa jadi sangat menyendiri

b. Senang mengikuti segala kegiatan fisik, tapi bisa juga jadi seorang pemikir tanpa kegiatan yang dilakukan

c. Bisa bergaul dengan cepat, tapi kadang ingin banget sendiri

d. Orangnya itu moodyan banget deh

Ayo Sob, semuanya udah tau belum mana sih kepribadian yang kalian banget, kalau udah yuk kita lebih beradaptasi lagi sama orang-orang yang emang kepribadiannya beda dari kita, bentuk sebuah komunikasi diantara yang lainnya yah Sob. Gak ada salahnya kok mencoba jadi seseorang yang jauh lebih baik lagi yah Sob.

Semangat untuk Sobat Tentor semua !

Salam sayang dari Mintor ! Muah

Related Post

Kupas Tuntas UTBK 2020

Halo sobat Tentor! Katanya ada pepatah tak kenal maka tak sayang, jadi biar kita bisa sayang-sayangan, kenalan yuk! Eh maksudnya sama UTBK hehe. Nah sob, kali ini mintor mau kasih tau kalian tentang perbedaan SBMPTN atau kalau sekarang kalian lebih...

Cyber Bullying di Tengah Kemajuan Teknologi Masa Kini

Cyber bullying mungkin dari sebagian Sobat-sobat tahu apa itu kata Cyber bullying. Iya Cyber bullying adalah perilaku antisosial yang melakukan perihal melecehkan seseorang, dari kebanyakan  yang ada, sering sekali Cyber bullying menimpa anak-an...

5 Rekomendasi Film Pendidikan Terbaik Di Indonesia Menurut Tentor Yang Harus Kalian Tonton

Hallo Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor nih Sob ! Oh iya kali ini Mintor mau kasih sesuatu yang seru loh apakah itu? Iya, ada beberapa film yang Mintor rekomendasikan buat kalian nih. Film-film ini merupakan film yang bertemakan pendidik...

Top