Halo Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor !

Setiap orang tua pastinya ingin yang terbaik buat anaknya dong Sob, dan selalu ingin liat anaknya sukses serta bahagia. Terlebih urusan masa depan nih, sering kali beberapa orang tua kadang gak setuju sama jurusan kuliah yang kita ambil, karena berbagai pertimbangan yang mereka pikirkan ke depannya. Entah itu menurut mereka gak baik atau kurang cocok untuk kita.

Buat setiap orang kuliah itu sesuatu yang perlu banget agar masa depan kita lebih baik, tapi gak jarang juga kok ada yang gak kuliah tapi hidupnya, masa depannya cerah. Semua tergantung gimana kalian menjalani dan menentukan pilihan. Kaya sekarang disaat ada pembukaan tes kuliah kalian dituntut untuk ikutin kemauan orang tua, padahal kalian gak mau. Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik buat anaknya. Tapi sayangnya, terkadang karena rasa cinta yang begitu besar, mereka terkesan 'memaksakan' kehendak yang mereka anggap benar. Terlebih soal jurusan kuliah. Nah Sob, di sini Mintor akan berbagi sama kalian buat mengatasi segala gundah-gulana kalian soal gimana sih caranya supaya kalian bisa di mengerti, dan disetujui oleh orang tua kalian tapi tetap sopan dan santun. Yuk dari pada galau aja liat tips berikut ini:

1. Komunikasi adalah kunci utama

Sob, apapun keputusan kalian pasti gak terlepas dari yang namanya komunikasi kan. Sama juga halnya kaya kalian komunikasi dengan orang tua. Nah tips yang pertama itu adalah kalian coba deh ikat komunikasi sama orang tua, karena kunci utama kalian itu adalah komunikasi. Dengan kita komunikasi semua akan berjalan selaras, kan sama doi juga kalo kalian gak komunikasi pasti ada miskomunikasi *hehehe. Jadi apapun yang kalian pikirkan dan yang kalian inginkan coba buat komunikasi sama orang tua, buat jalinan hangat sama orang tua, bicara baik-baik kalo kalian pengen banget masuk jurusan ini dan jelasin alasan kalian mau masuk jurusan ini dan itu. Beri komunikasi yang jelas beserta alasan yang jelas juga yah Sob. Yuk di coba Sob jangan sampai miskomunikasi.

2. Ketahui apa alasan orang tua tidak setuju dengan pilihanmu

“aku gak mau tau alasan apapun yang penting aku mau masuk jurusan ini”.

Eitsss, kalian gak boleh kaya gitu yah Sob, segala sesuatu harus punya sikap dan tutur kata yang baik. Jangan sampe kalian jadi gak sopan sama orang tua. Coba kalian dengarkan dulu apa aja mau mereka dan apa alasan mereka gak setuju, jadilah pendengar yang baik yah Sob. Orang tua pasti punya alasan tersendiri, tapi coba kalian dengerin dulu aja pendapat mereka gak setuju, apa alasan yang mereka berikan mau itu bisa kalian terima atau engak cukup dengerin aja dulu sampai ada waktu dimana kalian bisa untuk berbicara, setelah orang tua selesai memberikan alasan mereka kenapa gak setuju. Kalau kalian lagi curhat pasti kalian juga selalu ingin di dengarkan yah Sob, begitu pun orang tua jadi kita harus bisa saling menghargai satu sama lain.

3. Perkuat alasan kamu ingin masuk jurusan tersebut