Hallo Sobat Tentor, duh siapa di sini yang lagi badmood? Atau siapa yang lagi gak mood  buat belajar?

Ayo, sekarang harus semangat yah karena Mintor akan berbagi tips nih buat kalian Sobat-sobat Mintor yang gampang banget badmood saat ujian atau pun belajar.

Perasaan itu sangat berpengaruh dalam pembelajaran kita loh, Sob. Yuk kita simak langsung berikut ini :

  • Pengertian Suasana Hati (Mood)

Sering kali kita merasakan hal-hal yang mungkin membuat suasana hati kita terganggu, terlebih ketika sedang mengerjakan sesuatu atau sedang akan ujian. Suasana hati sendiri adalah respons dari alam bawah sadar kita dalam mengendalikan pikiran, di mana pikiran yang kita kelola menjadi negatif. Hal ini bisa membuat perubahan secara mendadak pada diri kita.

Sobat-sobat tentunya ingin tau kan bagaimana cara mengembalikan mood atau suasana hati kalian agar kembali membaik saat belajar atau ujian.

Berikut tips nih dari Mintor untuk Sobat-sobat Tentor semua yang ingin mengembalikan mood saat ujian atau belajar. Yuk, kita simak yah Sob :

 

1. Beri Perubahan pada Cara Berpikir

Perubahan cara berpikir sangat berpengaruh dalam suasana hati, di mana semua pikiran kita akan membuat suasana hati kita menjadi berubah seketika, akibat otak merespons perasaan yang buruk karena cara berpikir yang negatif. Ayo Sob, mulailah dari sekarang kita ubah cara berpikir kita menjadi pikiran yang positif dan hindari pemikiran negatif ya.

2. Istirahat Sejenak

Saat ujian mungkin kita tidak bisa istirahat karena terburu-buru oleh waktu ujian yang sempit. Namun, istirahat di sini ialah beri sedikit jeda bagi soal-soal yang membuat perasaanmu menjadi hilang, karena soal berpengaruh dalam suasana hati. Ganti lah dulu dan cari soal yang mudah terlebih dahulu. Maka suasana hati kalian akan membaik dengan kalian bisa mengerjakan soal-soal atau pelajaran lain yang terjangkau dengan suasana yang baik.

3. Lakukan Kegiatan yang Disukai

Penting untuk mengendalikan suasana hati yang tidak seimbang kita bisa lakukan suatu kegiatan di mana kegiatan tersebut adalah hal-hal yang kita sukai serta kita senangi. Karena ini merupakan sesuatu yang menaikkan mood  kita dengan baik. Tak ada salahnya melakukan selingan kegiatan di saat jenuh melanda, melakukan hal-hal yang kita sukai.

4. Makan

Mungkin sebagian orang tidak bisa dengan cara ini, tetapi banyak juga yang ampuh dengan cara tersebut. Hal ini disebabkan asupan yang kurang akan membuat perasaan serta mood kita menurun, sehingga menimbulkan perasaan yang berubah-ubah dengan cepat. Karena makanan memengaruhi keseimbangan suasana hati kita Sob.

5. Bicarakan pada Orang Lain

Biasanya ketika kita sedang dalam keadaan mood yang kacau, tentunya kita butuh seseorang yang bisa menenangkan hati serta pikiran kita. Nah, coba Sobat-sobat bisa nih bercerita kepada orang terdekat dan meminta solusi. Jangan biarkan itu semua kalian abaikan yah Sob, karena kalian butuh teman untuk berbagi dan mencurahkan isi hati serta pikiran kalian, tentunya dengan orang bisa kalian percaya seperti orang tua kalian atau sahabat.

Nah bagaimana nih Sobat-sobat Mintor masih ada kah yang badmood?

Yuk kita terapkan dalam diri kita semua tips di atas, agar tidak lagi terhambat dalam melakukan sesuatu serta lancar dalam belajar.

Semangat sobat Tentor!

Related Post

[Info UN 2020] Tips&trik Cara Cepat Mengerjakan Soal Ujian Pelajaran Bahasa Indonesia UTBK 2020

Hallo Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor nih. Ayo bagaimana persiapan kalian untuk menghadapi UTBK pelajaran bahasa Indonesia, sudah sampai di mana Sobat-sobat bisa dengan cepat mengerjakannya. Memang ujian pelajaran bahasa Indonesia terbila...

Jurusan Kuliahmu Gak Disetujui Orang Tua ???

Halo Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor ! Setiap orang tua pastinya ingin yang terbaik buat anaknya dong Sob, dan selalu ingin liat anaknya sukses serta bahagia. Terlebih urusan masa depan nih, sering kali beberapa orang tua kadang gak setuju...

Gimana Sih Cara Belajar Yang Efektif ???

Halo Sobat Tentor  kembali lagi bersama Mintor! Kalian pernah gak sih Sob, kalau di kasih tugas dari sekolah pasti selalu di tunda-tunda? Kaya misalkan “besok aja deh ngerjain PR nya” atau ulangannya kan 2 hari lagi sekarang mah ma...

Top