Hallo Sobat Tentor apa kabar? Mintor doakan semua pada sehat selalu yah, biar bisa terus semangat beraktivitas Sob. Oke kali ini Mintor mau kasih rumus loh, apakah itu?

Ya tepat Sob, Mintor mau kasih rumus “di” yang mungkin selama ini masih ada selalu kesalahan dalam penulisan baik pengertian kata “di” saat digabung (imbuhan) atau pengertian kata “di” saat dipisah (kata depan). Saat ini sering kali banyak orang selalu keliru dengan penggunaan kata imbuhan serta kata depan, di mana kata tersebut sangat mudah sekali mengecoh pembaca atau bahkan pembaca pun tidak sadar bahwa kata tersebut salah dan harus diperbaiki. Pasalnya memang sangat sedikit perhatian orang-orang terhadap kata-kata semacam ini. Hal ini karena di satu sisi fungsi dasar bahasa yaitu sebagai alat komunikasi, selama bahasa yang digunakan dapat dimengerti dan dipahami maka menjadi sah saja.

Akan tetapi alangkah lebih baiknya jika diperhatikan dari hal-hal kecil seperti kata imbuhan dan kata depan ini. Maka dari itu di sini Mintor akan menjelaskan kepada Sobat-sobat agar lebih memahami dan mengerti. Yuk, kita simak penjelasan Mintor berikut ini:

 

  • Pengertian kata “di” saat digabung (imbuhan).
  1. Kata gabung ialah kata yang menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya. Kekeliruan sering terjadi saat menggunakan imbuhan seperti contoh berikut ini:

         “Aku di beri buku oleh ayah” (salah)

         “Aku diberi buku oleh ayah” (benar)

      Dalam kalimat di atas penggunaan kata “di” yang benar adalah “diberi” karena kata ini menunjukkan kata kerja.

      2. Contoh kedua:

      “Tulisan Sita enak dipandang mata” (benar)

      “Tulisan Sita enak di pandang mata” (salah)

    Dalam kalimat di atas terlihat penggunaan kata “dipandang” menunjukkan kata kerja seperti memandangi atau matanya sedang bekerja melihat.

  • Pengertian kata “di” saat dipisah (kata depan).
  1. Kata dipisah ialah kata yang menunjukan kata tempat atau menunjukkan suatu tempat seperti pada contoh berikut ini:

        “ Didalam sana terdapat ikan-ikan cantik” (salah)

        “Di dalam sana terdapat ikan-ikan cantik” (benar)

       Dalam kalimat di atas penggunaan kata “di dalam” menunjukkan tempatnya adalah di dalam misalkan di dalam rumah dan sebagainya. Menunjukkan bahwa ikan tersebut berada di dalam.

        2. Contoh kedua:

        “Aku menyimpan buku itu di meja depan” (benar)

        “Aku menyimpan buku itu dimeja depan” (salah)

Dalam kalimat di atas terlihat kata “di meja” yang menunjukkan bahwa buku tersebut tersimpan di atas meja.

Nah Sobat Tentor apakah sudah paham dengan yang Mintor jelaskan bagaimana cara penggunaan rumus kata “di” dalam pelajaran bahasa Indonesia?

Di situ kita bisa lihat bahwa sering kali orang-orang masih keliru dengan penggunaan kata tersebut karena kekeliruan yang didapatkan sering kali membuat pembaca tidak paham dan mengerti mengenai rumus ini.

Sedikit sekali orang-orang yang memperhatikan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta sedikit sekali yang menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya artikel ini semoga bisa membantu Sobat-sobat Mintor semua yah dalam mengerti dan memahami segala bentuk kata imbuhan dan kata depan. Semoga Sobat-sobat semua bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta kebiasaan dalam  menulis yang benar dan tepat. Semangat belajar dan memahami segalanya dengan cermat dan teliti yah Sobat Tentor!

Related Post

Kamu Orang Yang Kreatif, Yuk Kenali Cirinya!

Halo Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor nih Sob! Oh iya Sob, Mintor mau tanya deh pernah gak sih kalian sadar kalau kalian itu kreatif ? Cuma sebagian dari kita kadang suka terlambat sadar bahwa kita itu orang yang kreatif, nah tentunya setia...

Introvert, Extrovert, Ambivert termasuk yang mana sih kalian!

Halo Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor nih ! Oh iya Sob, kayanya bahasan kali ini bakal menarik loh Sob. Pasti penasarankan apa aja yang bakalan Mintor bahas dan Mintor bagi ini pasti kalian bakal bilang “ihh ini aku banget”,...

10 Artis K-Pop dengan Prestasi Akademik Terbaik

Bandung, 25 Oktober 2019 Halo Sobat Tentor, kali ini admin akan membahas hal menarik nih! di bawah ini ada 10 Artis Kpop dengan prestasi akademik terbaik. Sobat mau tau listnya? Lets check it out! Tablo Epik High Kalian tau, gak sobat tent...

Top