Halo Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor !

Sob pernah gak sih kalian mikirin sesuatu yang belum terjadi, tapi caranya tuh berlebihan banget? Atau kalian mikirin hal-hal yang belum terjadi tapi negatif mulu. Hati-hati loh Sob, jangan-jangan kalian itu termasuk orang yang Overtinking lagi.

Nah Overthink itu apa sih Min? Overthink itu adalah orang-orang yang berlebihan dalam berpikir di hidupnya, bahkan nih Sob hal-hal kecil sekalipun bisa jadi pikiran si Overthinker ini. Mereka itu berpikir tanpa tau apa yang sebenarnya sedang mereka pikirkan, dan terkadang tanpa tau juga kenapa mereka bisa memikirkan sesuatu yang belum terjadi, dan juga mereka yang suka sedih berkepanjangan tanpa sebab atau karena suatu hal yaitu seperti kesepian. Saat ini Overtink jadi suatu kebiasaan yang umum loh, tapi kadang orang yang Overthink bisa dikategorikan buruk atau bisa juga baik tergantung gimana kita menilainya Sob. Nah pasti ada yang bertanya ciri-ciri orang yang overthink tuh kaya gimana sih Min. Nih Mintor kasih tau ciri-ciri orang yang overthink tuh kaya gini Sob:

  • Orangnya terlalu baper dan mikirin komentar orang lain
  • Banyak minta saran sama orang, tapi gak dilakuin
  • Suka menduga-duga yang belum pasti dan negatif terus pikirannya
  • Fokus sama kekurangan diri sendiri
  • Memikirkan sesuatu hal yang belum tentu terjadi

Ayo siapa yang ada di salah satu point di atas nih?

Mudah-mudahan Sobat Tentor gak ada yang kaya point-point di atas yah, kalau pun ada coba deh kalian biasakan berpikir positif dan jangan lagi memikirkan sesuatu yang belum pasti, misalkan kaya hubungan yang belum pasti *hehehe. Jadilah pribadi yang positif, dan jangan kalian memikirkan sesuatu yang belum jelas, karena bisa ngerugiin diri kalian sendiri loh!

Dari mulai kalian baper sama komentar orang aja udah menandakan kalo kalian itu orang yang overthinking loh Sob, karena kalian Cuma terfokus sama apa yang jadi omongan orang dan gak menghargai diri kalian sendiri, dan kalian selalu mikir negatif terus, gak pedean sama kekurangan yang ada di diri kalian. Kalau bisa coba ubah kebiasaan berpikir negatif jadi positif yah Sob, dan Mintor punya tips juga nih buat kalian yang orangnya overthink dan mau mengatasi segala overthinknya boleh nih buat kalian coba supaya jadi pribadi yang lebih baik lagi. Penasaran gak sama tips nya? Yuk langsung aja kita cek cek cara mengatasi overthinking berikut ini Sob:

1. Berhenti sejenak dan pikirkan penyebabnya

Nah Sob, coba deh kalian lakukan cara ini berhenti sejenak dan pikirkan penyebabnya adalah solusi buat kalian yang punya pemikiran overthinking. Berhenti sejenak dari pemikiran-pemikiran yang gak penting Sob, coba deh kalian olah lagi pikiran kalian supaya gak ada lagi yang namanya berlebihan dalam berpikir Sob, supaya kalian juga tenang yah. Nah pikirkan penyebabnya itu adalah coba kalian inget-inget deh Sob, apa sih yang buat kalian mikir sampe sejauh yang belum terjadi, kenapa sih awalnya. Coba kalau misalkan gak terlalu penting buang jauh-jauh dan yakinkan sama diri kalian kalo kalian itu gak perlu mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi dan sesuatu yang belum ada nyatanya. Yuk Sob, istirahat dan beri waktu diri kalian untuk STOP Overthinking!

2. Lakukan sesuatu yang berbeda

Sob, pernah gak kalian terpikir kalo misalkan kalian melakukan sesuatu yang berbeda, kalian itu bisa lupa deh sama pikiran-pikiran yang berlebihan dan terkesan overthink banget. Coba deh kalian lakuin sesuatu yang berbeda kaya misalkan kalian kan punya hobi nih Sob, coba deh kalian kembangkan hobi kalian jadi sesuatu yang menarik dan juga bikin kalian gak ada kesempatan buat memikirkn sesuatu yang berlebihan atau memikirkan sesuatu yang jauh sebelum waktunya. Yuk lakukan kegiatan yang buat kalian happy Sob!

3. Tantang dirimu sendiri