Halooo, Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor yang kece!!

Sob, sob, kalian pernah punya masalah gak sih ? “Ya pernahlah Min! Jawab netizen dengan garang Hehe.”

Pasti setiap manusia punya masalah kan yah, dan kalau udah banyak masalah ,ada kebiasaan yang sering kali kita lakukan...dia adalah..Mengeluh. Bener gak Sob ?

Hampir semua orang pernah mengeluh, mungkin termasuk Mintor, kalian, dan orang-orang diluar sana. Mungkin kalian dikelilingi oleh orang-orang yang banyak mengeluh akan hidupnya. Atau bahkan mungkin kalian yang tidak sadar melakukan hal ini juga. Ya, mengeluarkan keluh kesah memang hal yang wajar. Tapi ya Sob, jika ini jadi kebiasaan, justru bisa bikin orang-orang di sekitar kalian gak simpatik lagi loh, sehingga cenderung mengabaikan.

Sebenarnya kenapa ya, orang-orang sering banget ngeluh mulai dari masalah di kantor, rumah tangga, sekolah, hingga hal-hal sepele yang terjadi di jalan?  Yuk, simak alasan kenapa kita-kita bisa sampai mengeluh dan apakah ada solusinya Min? Pastinya ada dong Sob. makanya yuk kita baca lebih lanjut dari pada penasarankan.

1. Stress

Seperti yang Mintor tau, sebagian besar orang mengeluh untuk melampiaskan kekesalan dan stress yang dialami. Masalah yang menumpuk dan membuat kepala ingin pecah biasanya disalurkan melalui keluh kesah kepada orang sekitar kalian. Tapi nih ya, terkadang, kita mengeluh bukan butuh saran atau solusi tapi hanya untuk “didengar”, jadi buat para jombs...eh maksudnya buat seseorang yang merasa kesepian dalam hidupnya membutuhkan bahu untuk bersandar, jangan cemas, karena stres dan kesepian bisa kita lewati asal pikiran kita selalu positif, hidup itu hanya sekali Sob, coba isi dengan hal-hal positif aja deh. Siapapun di luar sana yang merasa stres coba cari deh hobi yang bisa buat kalian senang dan bahagia.

2. Tidak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri

Selain ingin didengarkan, terkadang orang yang mengeluh juga mencari saran dari orang-orang sekitarnya. Keluhannya seputar masalah sekolah, teman dan pekerjaan yang tak kunjung tuntas atau bertengkar dengan pasangannya.. -ciee punya pasangan - Eh gagal fokus Mintor hehe, lanjut ah, semua masalah itu tidak dapat diselesaikan sendirian oleh mereka. Jadi karena itu, kebanyakan orang mencari saran agar mereka tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Cara ini dirasa cukup ampuh loh untuk mengurangi keluhan berlebih, jadi kalau kalian punya seseorang yang bisa dipercaya, gak ada salahnya menyampaikan keluhan kalian, tapi dengan cara yang gak nyebelin ya Sob. No drama drama Club!

3. Untuk mendapat perhatian