Bandung, 28 Oktober 2019

Kami putera dan puteri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kami putera dan puteri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putera dan puteri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

 

Hallo Sobat Tentor ada yang tau gak nih kalimat di atas? dan Ada yang tau gak sekarang tanggal berapa?

Yaps, kalimat di atas adalah isi dari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 1928 tepat saat bangsa Indonesia di lahirkan. Hari ini merupakan suatu momen terdahulu hingga sekarang, pemuda-pemudi bangsa Indonesia yang mengangkat harkat dan martabat hidup rakyat Indonesia serta melepaskan diri dari penjajahan.

Pada masih ingat gak bagaimana sih sejarah peristiwa sumpah pemuda, yuk sini kita belajar kembali bareng-bareng. Mintor bakal ulas kembali agar Sobat-sobat semua bisa mengingat apa itu Sumpah Pemuda. Langsung ajah nih Sob.

Sumpah pemuda adalah kemerdekaan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dengan ikrarnya yaitu satu tanah Indonesia, satu bangsa Indonesia, dan satu bahasa Indonesia. Ikrar tersebut merupakan gelora api semangat bangsa Indonesia yang menegaskan adanya kemerdekaan Republik Indonesia. Sumpah pemuda adalah keputusan kongres pemuda kedua yang di selenggarakan dua hari yaitu pada 27-28 Oktober 1982di Batavia (Jakarta). Lalu tujuan dari adanya sumpah pemuda ini ialah untuk menanamkan kerja sama antar perkumpulan pemuda Indonesia untuk menjadi pemersatu bangsa. Sumpah pemuda dirumuskan oleh para pemuda Indonesia dan menjadi dasar bangkitnya semangat bangsa Indonesia. Adanya sumpah pemuda pun para pemuda bergerak bersama dalam usaha mencapai kemerdekaan.

Nah Sobat Tentor, adanya sumpah pemuda pun menjadi acuan bahwa kita adalah bangsa yang bernegara, adil dan berdaulat, berbahasa yang satu bahasa Indonesia serta menjunjung tinggi bahasa persatuan Indonesia.

Oh iya Sob, untuk makna sumpah pemuda itu sendiri ialah agar kita sebagai pemuda dan pemudi Indonesia bisa menghargai perjuangan Indonesia, memberi makna bahwa agar kita mencintai Indonesia dengan segenap ketulusan hati, dan mengajak bersama-sama dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

Ayo Sob! Kita tanamkan dalam diri kita masing-masing agar selalu ingat seberapa keras perjuangan pemuda-pemudi yang telah melahirkan Indonesia serta membebaskan dari penjajahan.

Related Post

Cara Mudah dan Efektif Memahami Pelajaran Matematika

Hallo Sobat Tentor, kembali lagi bersama Mintor. Nah untuk kali ini dan kali ini Mintor mau tanya pada Sobat-sobat Tentor semuanya, seberapa senang kalian dengan pelajaran matematika? dan seberapa sulit kalian dalam memahami pelajaran matematika. P...

Syarat & Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020

Tahun demi tahun telah terlewatkan, anak-anak pun semakin banyak yang menginginkan masuk kuliah yang difavoritkan, tentunya dengan hasil dari nilai-nilai mereka yang bagus, prestasi yang meningkat serta niat dan kesungguhan. Melihat banyaknya sosial...

Kupas Tuntas UTBK 2020

Halo sobat Tentor! Katanya ada pepatah tak kenal maka tak sayang, jadi biar kita bisa sayang-sayangan, kenalan yuk! Eh maksudnya sama UTBK hehe. Nah sob, kali ini mintor mau kasih tau kalian tentang perbedaan SBMPTN atau kalau sekarang kalian lebih...

Top