Halo Sobat Tentor!

Halo pejuang UTBK!

Kembali lagi bersama Mintor, ngelanjutin blog minggu kemarin nih Sob pasti pada penasarankan kenapa sih gak sekalian aja di post bareng Saintek?

(*Hehehe) Tenang Sob, kan biar bertahap yah jadi ngejelasinnya juga enak. Sesuatu yang dipaksakan itu gak akan jelas nantinya loh !

Nah, kali ini yang kalian tunggu-tunggu hadir Sobat Soshum. Ayo mana suaranya anak Soshum !

Setelah minggu kemarin anak Saintek yang berteriak karena dapet prediksi, sekarang anak Soshum juga gak kalah kok dapet giliran bersorak dapet prediksi kisi-kisi dari Mintor.

Pasti udah gak sabaran kan?

Yuk, kita lihat penjelasan berikut ini.

Walau gak sebanyak peminat Saintek, tapi Soshum juga gak sepi peminat kok Sob. Mungkin banyak dari kalian yang dituntut untuk masuk Saintek karena katanya lebih menjanjikan, tapi kalian menolak karena ya fashion dan minat kalian bukan di sana. Menurut Mintor, kalian harus masuk jurusan itu sesuai fashion dan minat kalian agar ke depannya itu gak ada lagi yang namanya salah jurusan Sob. Oke itu hanya sekedar intermezo aja dari Mintor (*hehehe), yuk sekarang kita lanjut ke prediksi kisi-kisi nya Sob.

 

UTBK Soshum

1. Ekonomi dengan kisi-kisi sebagai sebagai berikut:

Whats-App-Image-2019-12-19-at-14-28-16

  • Permintaan dan penawaran

(Prediksi sekitar 20% soal yang akan muncul)

  • Konsep pasar dalam perekonomian

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Pendapatan nasional, Ilmu ekonomi dan permasalahannya

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Manajemen dan kewirausahaan

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, Peran pelaku kegiatan ekonomi, Kebijakan moneter dan kebijakan fiskal, Dasar-dasar akuntansi

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Pelaku ekonomi dalam sistem ekonomi, Akuntasi perusahaan dagang, Akuntasi perusahaan jasa (Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)
  • Permasalahan ketenagakerjaan, Bank dan lembaga keuangan bukan bank, Koperasi

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Perpajakan, APBN & APBD, perdagangan internasional

(Prediksi sekitarr 10% soal yang akan muncul)

  • Pasar modal, sistem dan alat pembayaran, indeks harga dan inflasi

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

2. Geografi dengan kisi-kisi sebagai berikut:

Whats-App-Image-2019-12-19-at-14-28-15-1

  • Posisi strategis Indonesia, SIG

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Industri

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Lingkungan, hakikat Geografi

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Pedosfer, negara maju berkembang

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Mitigasi bencana, litosfer, konseo wilayah dan tata ruang

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Biosfer, antroposfer

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Pengindraan jauh, hidrosfer

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Interaksi Desa Kota, peta

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Atmosfer, pengelolaan sumber daya alam

(Prediksi sekitar 20% soal yang akan muncul)

3. Sejarah dengan kisi-kisi sebagai berikut:

Whats-App-Image-2019-12-19-at-14-28-15

  • Indonesia masa pendudukan belanda

(Prediksi sekitar 30% soal yang akan muncul)

  • Indonesia masa orde baru, Indonesia masa Hindu&Budhha,

(Prediksi sekitar 20% soal yang akan muncul)

  • Kehidupan masa prrasejarah

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Indonesia masa revolusi kemerdekaan

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Peristiwa besar dunia, Indonesia masa demokrasi parlementer, revolusi besar dunia

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Peristiwa kontemporer dunia, Indonesi masa reformasi

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Indonesia dan pembentukan ASEAN, Indonesia masa demokrasi terpimpin

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

4. Sosiologi dengan kisi-kisi sebagai berikut:

Whats-App-Image-2019-12-19-at-14-28-14

  • Kelompok masyarakat dan masyarakat multikultural, konflik dan integrasi sosial, perilaku menyimpang dan pengendalian sosial

(Prediksi sekitar 40% soal yang akan muncul)

  • Diferensiasi dan stratifikasi, mdernisasi dan globalisasi, perubahan sosial, interaksi sosial

(Prediksi sekitar 30% soal yang akan muncul)

  • Mobilitas sosial, sosialisasi

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Hakikat sosiologi, nilai, norma dan kebudayaan

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Penelitian sosial, lembaga sosial

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

5. Matematika Soshum dengan kisi-kisi sebagai berikut:

Whats-App-Image-2019-12-19-at-14-28-12

  • Statistika, barisan dan deret bilangan, persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, program linear

(Prediksi sekitar 40% soal yang akan muncul)

  • Eksponen dan logaritma, matriks, pertidaksamaan, peluang, dimensi dua

(Prediksi sekitar 30% soal yang akan muncul)

  • Fungsi komposisi dan invers, persamaan garis

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Trigonometri, logika matemarika

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

  • Turunan, limit dan integral

(Prediksi sekitar 10% soal yang akan muncul)

 

Gimana Sobat Soshum? Udah pada seneng kan dapet prediksi kisi-kisi ini. Jadi jangan galau lagi yah Sobat Tentor semua. Udah adil loh antara Soshum dan Saintek (*hehehe..)

Ingat yah Sob, ini Cuma sekedar prediksi aja sama seperti Saintek. Dan jangan jadikan ini sebagai prioritas. Jadikan ini sebagai pembelajaran kalian aja, jadikan patokan kalian buat belajar untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Semangat terus yah Sob!

Selamat berjuang!

Related Post

Kupas Tuntas HOTS (Higher Order Thinking Skills) UTBK 2020

Hallo Sobat Tentor, kali ini lagi rame banget loh yang ngomongin soal HOTS. Wah kira-kira HOTS itu apa sih?  Apa Sobat Tentor semua udah tau apa itu HOTS? Atau masih ada yang bingung apa sih perbedaan soal HOTS dan soal biasa. Biar kalian gak bi...

Tiga Topik Pelajaran Bahasa Indonesia yang Sering Keluar saat Ujian Nasional (UN)

Hallo Sobat Tentor semua! Semoga selalu dalam keadaan yang sehat yah Sob. Oh iya Sob kalian semua tentunya udah pada tau kan apa itu novel, apa itu puisi, atau drama? Yup tepat sekali, semua ini sering kali muncul saat kita melaksanakan ujian n...

Kupas Tuntas UTBK 2020

Halo sobat Tentor! Katanya ada pepatah tak kenal maka tak sayang, jadi biar kita bisa sayang-sayangan, kenalan yuk! Eh maksudnya sama UTBK hehe. Nah sob, kali ini mintor mau kasih tau kalian tentang perbedaan SBMPTN atau kalau sekarang kalian lebih...

Top