Halo Sobat Tentor!

Halo pejuang UTBK!

Gimana kabar kalian hari ini Sob? Pastinya pada Sehat-sehat dong yah. Duh, waktu UTBK udah makin deket aja yah Sob (Sedeket aku dan kamu *hehehe..)

Penasaran gak sih kali ini Mintor mau bahas apa? Tapi pasti udah pada tau deh.

Persis kayak judul di atas, Mintor mau bagi-bagi prediksi kisi-kisi soal UTBK loh! Kali ini Mintor akan membahas dulu tentang prediksi kisi-kisi soal UTBK Saintek yah. Yuk kita langsung aja liat-liat penjelasan dan juga prediksi di bawah yah Sob.

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), pasti kalian semua udah tau dong apa itu UTBK dan pasti Sobat Tentor udah gak asing dengan kata UTBK, Mintor mau jelasin lagi yah sedikit takutnya kalian tiba-tiba amnesia gitu kan hehe. UTBK itu Ujian Berbasis Komputer di mana ujian ini udah sistem kekinian banget alias udah menggunakan sistem teknologi computer yang canggih loh Sob.

Seperti yang udah banyak banget di omongin di mana-mana, adanya UTBK sendiri itu sebagai ganti dari ujian-ujian yang selama ini kita kerjain di kertas-kertas selembaran. Dalam pengerjaannya sih masih sama Sob, hanya sistemnya aja yang beda. Sistem yang sekarang itu udah pake sistem komputer yang bisa langsung menghitung skor ujian yang kita kerjain.

Nah sekarang udah pada tau kan apa itu UTBK dan sistem barunya.

Oke kita lanjut yuk, UTBK  itu kan terbagi jadi dua bagian yah Sob, yaitu ada UTBK Saintek dan UTBK Soshum. Nah sekarang apa aja sih kisi-kisi pelajaran yang ada di UTBK Saintek itu?

Tapi jangan khawatir yah Sob, anak-anak Soshum pasti akan keluar kok dalam pembahasan selanjutnya.  

Oh ya, tapi ini hanya berupa prediksi dari data yang Mintor kumpulin aja yah Sob, sebagai tolak ukur untuk kalian belajar aja buat siapin ujian kalian, jangan dijadiin patokan kalau ini yang bakal bener-bener keluar di ujian kalian, tapi kurang lebihnya gak jauh dari prediksi Mintor sih. Oke simak aja yuk Sob!

UTBK Saintek

1. Kimia dengan kisi-kisi sebagai berikut:

table-chart-saintek

- Kesetimbangan kimia

- Sel elektrolisis

- Persamaan reaksi dan konsep mol

- Sifat koligatif

- Termokimia

- Ikatan kimia

- Tata nama senyawa karbon dan isomer

- Reaksi redoks

- Laju reaksi

- pH asam basa

- Struktur atom

- Hukum dasar kimia (Humum proust)

- Asam basa Brownsted-Lowry

- Titrasi asam basa

- Hitungan kimia

- Koloid

- Sistem periodik unsur

- Tetapan hasil kali kelarutan (kap)

- Reaksi senyawa karbon

- Sel volta

2. Fisika dengan kisi-kisi sebagai berikut:

diagram-fisika

- Listrik arus searah

- Induksi magnetik

- Listrik statis

- Usaha dan energi

- Teori kinetik gas

- Gerak harmonik sederhana

- Termodi namika

- Fluida statis

- Teori atom

- Listrik arus bolak-balik

- Dinamika rotasi

- Suhu dan pemuaian

3. Matematika dengan kisi-kisi sebagai berikut:

diagram-mtk-tentor

- Persamaan Kuadrat

- Integral

- Peluang

- Suku Banyak

- Pertidaksamaan

- Limit

- Transformasi Geometri

- Vektor

- Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat

- Irisan Kerucut, Bunga Pertumbuhan dan Matrik

4. Biologi dengan kisi-kisi sebagai berikut:

diagram-bio-tentor

- Ekologi

- Reproduksi sel

- Evolusi

- Anabolisme

- Struktur dan fungsi bagian sel

- Genetika mendel

- Protista

- Bakteri

- Sistem eksresi

- Sistem pernafasan

- Sistem reproduksi

Nah, gimana nih Sobat Tentor? Udah pada tau kan sekarang kisi-kisi UTBK Saintek nya, ini semua hanya sebagai perkiraan atau prediksi kisi-kisi UTBK Saintek 2020 aja yah Sob, ingat pesan Mintor jadikan ini hanya sebagai patokan untuk belajar dan BUKAN sebagai prioritas. Ayo belajar dari sekarang dan persiapkan diri kalian untuk menghadapi UTBK. Semangat ! Gali terus pengetahuan kalian selain prediksi kisi-kisi ini yah.

Semangat ya Sob! Semangat UTBK 2020 !

Related Post

Tiga Topik Pelajaran Bahasa Indonesia yang Sering Keluar saat Ujian Nasional (UN)

Hallo Sobat Tentor semua! Semoga selalu dalam keadaan yang sehat yah Sob. Oh iya Sob kalian semua tentunya udah pada tau kan apa itu novel, apa itu puisi, atau drama? Yup tepat sekali, semua ini sering kali muncul saat kita melaksanakan ujian n...

[Info UN 2020] Jangan Cemas! Berikut Tips Terhindar dari Rasa Cemas saat akan mengikuti Ujian UTBK

Hallo Sobat Tentor, Mintor kembali lagi nih. Kali ini Mintor mau tanya siapa sih yang suka cemas pada saat akan mengahadapi atau mengikuti ujian? Mau itu ujian UTBK, ujian sekolah atau misalkan ujian hidup. Hehe. Ujian hidup semua orang pasti memili...

Hati-hati SamaToxic People, Yuk Sadari Diri Sendiri Dulu!

Halo Sobat Tentor kembali lagi bersama Mintor ! Ayo yang udah liburan panjang dan bentar lagi masuk, siapa yang kangen Mintor? Duh kayanya kepedean banget deh Mintor (*hehehe). Gak apa-apa yah Sob sekali-kali Mintor mau dong di kangenin kalian!...

Top